Peringati Hari Bumi, ALAM 2016 Sukses Dilaksanakan

Foto: Asri Sylvia Sari
Medan | Neraca  — Komunitas Mamensukaja dan Kedan Kreatif dibantu beberapa komunitas lain yang ada di Kota Medan mengadakan ALAM (Aksi Lingkungan Anak Medan) 2016 untuk memperingati Hari Bumi. Kegiatan yang bertemakan “Asri Lingkunganku, Lestari Bumiku, Indah Kotaku” ini dilaksanaan di Taman Cadika Johor dan berlangsung selama dua hari, dimulai dari Jumat (22/4) sampai Sabtu (23/4). Komunitas yang tergabung dalam kegiatan ini antara lain adalah Medan Heritage, SIGI Medan, Lensa Alam, Go-River Sungai Deli, HGC Medan, Digidoy Komik, PKBI SU, AFG, Rindy Handcraft, JAC, TGA, ATTIK Sumut, CMR, FCTC, IMI, Jaring Mimpi, dan komunitas lainnya yang mendukung dan sebagai media partner dari kegiatan ALAM 2016.

Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 dan dibuka oleh Bapak T. Dzulmi Eldin, Walikota Medan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Akhyar Nasution, Wakil Walikota Medan, Bapak Kolonel Inf. Maulana Ridwan, Dandim 0201/BS serta Bapak Kombes. Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto, Kapolresta Medan. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bersifat self-service. Setiap komunitas yang ingin bergabung di acara ini cukup membawa 3 botol plastik sebagai tiket masuk. Botol- botol plastik tersebut dibawa oleh peserta dan akan dikumpulkan di Menara Instalasi Sampah.

Dalam acara ALAM ini banyak kegiatan positif yang dilaksanakan seperti camping 1 malam, penampilan puisi monolog, penampilan marching-band, talkshow interaktif tentang gas emisi, penampilan sulap sebagai hiburan, malam renungan, gerakan semut dan pengujian gas emisi kendaraan bermotor. Ada juga perlombaan yang diadakan seperti perlombaan cipta karya puisi, pemilihan Duta Lingkungan 2016, perlombaan foto dokumentasi kegiatan, kontes foto selfie di sekitaran Menara Instalasi Sampah.

Beberapa komunitas seperti Mamensukaja, Digidoy komik, Turun Tangan, Blogger Medan, Medan Heritage, HGC Medan, Lensa Alam, Go-River Sungai Deli, Coca Cola Amatil Indonesia, Taman Ceria Medan dan BSM membuka stand dan memamerkan hasil kreatif dari komunitas itu sendiri yang terbuat dari barang-barang bekas yang didaur ulang.

“Acara yang sangat bagus sekali. Di sini kami bisa menampilkan hasil-hasil kreasi dari Anak Medan yang bertujuan agar kita bisa menduniakan Medan dengan hasil kreasi kita. Untuk kedepannya semoga kegiatan ini lebih sering dishare dan dipublish di media sosial dan lebih banyak sosialisasi untuk mempromosikan kegiatan ini supaya semua komunitas di Kota Medan dapat bergabung dan memeriahkan kegiatan tahunan ini,tutur Arif Siregar dari stand Digidoy Komik.

Diakhir kegiatan ditutup dengan pembacaan pemenang pemilihan Duta Lingkungan 2016, lomba dokumentasi kegiatan, lomba pembacaan puisi dan lomba selfie antar komunitas serta kata sambutan dari Bapak Akhyar Nasution, Wakil Walikota Medan dan penanaman pohon di sekitar Taman Cadika Johor.

“Kita harus memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar termasuk hal-hal sekecil apa pun seperti tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu menjaga diri untuk tidak merusak lingkungan. Kita harus melestarikan bumi ini dengan berbagai macam cara, seperti menanam satu batang pohon akan berarti untuk diri sendiri, orang lain bahkan untuk anak cucu kita. Maka sebagai komunitas yang ada di Medan harus bisa melestarikan bumi. Kalau bukan kita yang menjaga bumi ini, siapa lagi?ujar bapak T. Dzulmi Eldin, Walikota Medan. (NO/ADZ)

Related

Kampus 7515272119785896893

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item