Diabetes Mellitus, Silent Killer yang Dapat Dicegah

Foto: Yohana Atlanta Mariana Banjarnahor
Medan │ Neraca — Minggu (15/5), Supernova Event Organizer menyelenggarakan seminar nasional bertemakan “Hidup Sehat Dengan Diabetes Mellitus” di aula Politeknik Kesehatan Kemenkes RI dengan bapak Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, M.Si, bapak Prof. dr. Darwin Dalimunte, Ph.D,  ibu Dr. Siti Saidah Nasution, S.Kep., M.Kep., Sp.Mat., dan ibu Samsidar Sitorus, Am. Keb, SST, M.Kes. selaku pembicara, dan dihibur oleh drama teatrikal dari Teater TRISDA dan stand up comedy oleh Panji.

Diabetes mellitus ialah suatu kondisi penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Dengan total lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai institusi kesehatan, diharapkan seminar ini dapat bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan, terlebih bagi tenaga kesehatan mengingat prediksi WHO pada 2030 mendatang bahwa Diabetes mellitus akan menjadi penyebab kematian nomor 7 di dunia dengan 4,4% dari kelompok semua umur akan menderita DM. Meskipun dikenal sebagai silent killer, bapak Albiner Siagian menjelaskan DM dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup, salah satunya adalah dengan memperbanyak berjalan kaki dan menjaga pola makan yang sehat.


“Jangan makan berlebihan, istirahat yang cukup dan pastikan Anda memiliki aktivitas rutin untuk berolahraga,” ungkap moderator mengenai cara pencegahan Diabetes mellitus di akhir sesi seminar. (RWH)

Related

Kampus 8134119207488965803

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item