FUITEN Peduli Sinabung

Foto: Marthin H Siagian
Medan │ Neraca — Forum Ukhuwah Islamiyah Teknik Energi (FUITEN) mengadakan Bakti Sosial di Posko Penampungan Pengungsi Bencana Alam Gunung Sinabung Jambur Tongkoh Warga Desa Kuta Rayat pada Sabtu (15/05). Keberangkatan dari Medan menuju posko pengungsian pada malam tanggal 14 Mei 2016 pukul 21.00 WIB dan menginap di salah satu masjid di Sibolangit.

Pagi harinya, para relawan langsung menuju Posko Pengungsi Bencana Alam Gunung Sinabung. Sesampainya di posko, langsung diberikan pengarahan dari pihak panitia dan juga pembagian tim yang terdiri atas 3 tim yang memiliki 1 koordinator dengan tugas yang berbeda-beda. Setelah pengarahan selesai, diisi dengan games untuk panitia keseluruhan sembari menunggu para pengungsi selesai sarapan.

Bakti Sosial dilakukan pada pukul 09.00 WIB dengan agenda pembersihan lingkungan Posko Pengungisian dimulai dari halaman, bagian belakang posko, dapur, kamar mandi dan lain-lain.Pada proses pembersihan bukan hanya pihak panitia saja yang turut membersihkan tetapi juga dibantu oleh pengungsi dan juga anak-anak kecil yang berada di posko.

“Pada saat ini pemerintah  sangat kurang memperhatikan kami lagi. Dulu sayuran dikirim 3 kali dalam seminggu dan sekarang hanya 1 kali dalam seminggu. Air bersih dulu diberikan setiap 1 kali sehari 1 tangki dan sekarang kami hanya mengharapkan air dari pegunungan saja. 3 bulan belakangan ini pasokan makanan kami terus berkurang,” tutur Ketua Posko.

Keadaan posko pengungsian bencana alam gunung sinabung sangat miris. Bangunan tenda yang hampir roboh, dapur yang tidak memadai serta lingkungan yang kurang sehat bagi anak-anak. Jumlah warga yang berada di posko pengungsian sekitaran 600 orang, dan untuk saat ini banyak juga pengungsi yang kembali ke rumahnya masing-masing dikarenakan pasokan makanan yang terus berkurang.


“Tujuan dari baksos ini untuk meningkatkan rasa peduli sesama manusia dan baksos adalah kegiatan rutin Fuiten. Sebelumnya baksos kami adakan di panti-panti asuhan, namun kali ini kami adakan untuk korban bencana Gunung Sinabung. Harapan kami untuk kedepannya semoga acara baksos ini dapat dilakukan terus-menerus dan semoga acara baksos yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi orang-orang,” tutur Rio Ramadhan selaku Ketua Panitia Acara Fuiten. (FSL)

Related

Kampus 8126204952187869741

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item