Kunjungan Redaksi ke Analisa: Tiga Peran Utama Pers Mahasiswa

Foto : Qodrat Al-Qadri/Analisa

Medan | Neraca - Bertempat di Gedung Harian Analisa, Jalan Ahmad Yani No. 35-49, Kesawan, Medan, Jumat (24/2), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pers Neraca  Politeknik Negeri Medan melaksanakan kunjungan redaksi ke Harian Analisa (Analisa Daily). Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah menambah ilmu mengenai sistem keredaksian yang ada di Harian Analisa. Kehadiran UKM Pers Neraca disambut hangat oleh Sekretaris Redaksi Harian Analisa, War Djamil SH dan Redaktur Riau, Taufik Wal Hidayat, S.Sos MAP.
Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan dari perwakilan Harian Analisa dan UKM Pers Neraca. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian topik tentang sejarah berdirinya Harian Analisa. Selanjutnya pemaparan tentang Tiga Peran Utama Pers Mahasiswa yakni untuk menempa wawasan secara umum, melatih keterampilan jurnalistik, dan membekali diri menjadi calon wartawan pers umum kedepannya. Untuk menunjang peran tersebut, perlu diadakan pelatihan internal bagi para anggota pers mahasiswa.
“Untuk in-house training, kemungkinan kami akan tindak lanjuti untuk internal kami,” tutur Asri Sylvia Sari selaku Pimpinan Umum Neraca Polmed.
Tidak hanya itu, War Djamil juga memaparkan bahwa eksistensi media cetak di jaman sekarang sudah sangat berkurang. Kini sudah banyak media cetak yang mulai beralih ke media online. Menghadapi fenomena ini, media pers mahasiswa dituntut bisa bersaing melaui ide kreatif dalam menentukan satu tema khusus sebagai ciri khas medianya.  
Selain itu, media cetak tidak pernah lepas dari konten iklan. Untuk menarik pihak iklan dalam menggunakan jasa media, pelaku media harus memperhatikan kualitas percetakan mulai dari resolusi foto yang jelas dan kesesuaian warna. Media yang terbitnya teratur biasanya lebih dilirik oleh pihak pengiklanan.
Pada kesempatan ini juga, War Djamil mengajak rombongan UKM Pers Neraca Polmed untuk melihat-lihat dapur redaksi Harian Analisa dan kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama. (GS)

Related

Umum 2650127341085515738

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item