Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur

Foto : Google

Musik merupakan salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari rutinitas kegiatan sehari-hari baik itu saat belajar sambil mendengarkan musik, bekerja, berkendara di mobil dan bahkan tidur. Di zaman era modern saat ini alat pendengar musik juga berkembang sangat pesat mulai dari speakerwireless, earphone wireless dan lain-lain. Namun hal itu tidak sejalan dengan kebijakan Manusia dalam penggunaannya yaitu seperti menggunakan earphone saat tidur.
Tanpa kita sadari banyak sekali dampak buruk yang diakibatkan dari menggunakan earphone saat tidur, berikut beberapa dampaknya:

1.      Merusak pendengaran
Mendengar musik saat tidur apalagi dengan menggunakan earphone kadang membuat penggunanya secara tidak sadar merusak sistem pendengaran. Disaat pengguna sedang tidur, sura yang didengar dalam volume tinggi dan waktu yang lama menyebabkan kerusakan pada penjalaran pendengaran pada koklea telinga (seperti keong) yaitu merusak sel rambut pada koklea. Saat seseorang tidur menggunakan earphone orang tersebut tidak sadar telah menggunakannya dengan sangat lama apa lagi ditambah dengan volume yang tinggi hal itu dapat menyebabkan menurunnya kualitas pendengaran dan hal itu baru dirasakan pada saat umur 20 tahun, jika kebiasaan itu terus dilakukan bisa saja orang tersebut tidak bisa mendengar lagi.

2.      Merusak otak
Gelombang elektromagnetik yang terdapat pada earphone bisa merusak sel-sel yang ada di otak, hal itu karena suara yang terus-terusan didengarkan oleh telinga kita akan terus diproses oleh otak sehingga waktu istirahat otak tidak maksimal dan hasilnya sel-sel yang ada di otak terus berkurang dan rusak.

3.      Menurunkan waspada
Pendengaran adalah salah satu fungsi dari sistem indera kita. Memakai earphone cenderung membuat pendengar merasa nyaman dan tertidur. Semakin keras suara atau musik yang didengarkan membuat kewaspadaan menurun. Disaat kita tertidur, sistem pendengaran kadang berfungsi sebagai alarm jika ada bahaya atau sesuatu di dekat kita. 

4.      Melukai kulit telinga
Tidak semua earphone yang kita gunakan itu aman, ada beberapa earphone juga yang tidak lengkapi dengan pengaman telinga seperti plastik silikon, busa pelindung dan lain-lain. Apa lagi kalau earphone yang dibeli dengan harga murah produk yang murah biasanya tidak sesuai standar tidak ada pelindung telinganya sehingga kulit telinga rentan terluka dan berdarah, dan juga apabila earphone digunakan saat tidur maka tidak jarang earphone justru sering tergesek dengan telinga kita saat tidur hal itu diakibatkan seringnya kita bergerak tanpa sadar saat tertidur.

Itulah beberapa dampak buruk menggunakan earphone saat tidur, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan earphone tetapi gunakanlah dengan cara yang wajar agar kesehatan kita selalu terjaga.

(Sumber: halosehat.com)


Related

Umum 6385020125714220888

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item