Jaga Kesehatan Kendaraan Ala Anak Kost

Foto: Otomania.com

Mengendarai kendaraan pribadi saat ini di kalangan Mahasiswa/i bukanlah hal yang aneh lagi. Terlebih bagi mereka yang jauh dari orang tua. Yang menjadi masalah bukan mengendarai kendaraan apa, tapi soal perawatannya lebih tepanya biaya perawatan, apalagi bagi kaum wanita yang mungkin tak semuanya paham soal mesin.
Untuk itu Neraca memberikan Tips bagi kamu para pengguna kendaraan pribadi khususnya bagi “Anak Kost” agar kendaraan tetap sehat namun tidak menguras kantong.

1. Kendarailah dengan standart dan aman, bukan sekedar keamanan di jalan, tapi juga untuk kesehatan mesin, berkendara dengan gaya yang kurang baik tentunya berimbas pada komponen mesin yang mudah rusak, misalnya saja pada mesin matic yang menggunakan belt cvt, ketika kita membuka gas secara konstan dan berulang berkali-kali setiap hari akan mengakibatkan belt cvt mudah aus dan putus, dan ujung-ujungnya harus menggantinya yang memakan biaya tidak sedikit.

2. Service minimal 2 bulan sekali, kelihatannya pemborosan, namun jika di hitung lebih jauh maka akan menghemat biaya service kendaraan kita, karena dengan service secara berkala tentu saja biaya service yang dikeluarkan sedikit ketimbang service kendaraan ketika kita merasakan kendaraan kita sudah tidak normal lagi. Service saat kendaraan sudah tidak normal lagi akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak dalam sekali service bisa-bisa kamu tidak bisa makan gara-gara service kendaraan!

3. Perhatikan ban saat sebelum digunakan, ban sejatinya mempunyai umur yang panjang, namun akibat tidak memperhatikannya ban kamu bisa rusak sebelum waktunya. Pastikan ban tidak kempes sebelum berpergian, karena ban yang kempes akan mudah bocor dan rusak bahkan lebih cepat menipis akibat gaya gesek yang lebih banyak

4. Cuci kendaraan! ini adalah kebiasaan buruk yang bersifat abadi, mencuci kendaraan terkadang sangat tidak diperlukan apalagi saat musim hujan, tapi efeknya fatal loh,  mesin mudah panas salah satunya, karena lumpur yang menutupi ruang mesin dapat mempengaruhi suhu mesin sehingga mesin akan lebih mudah panas yang ujung-ujungnya rusaknya komponen mesin.

5. Tips terakhir adalah isi minyak kendaraanmu sesuai dengan anjuran pabrik, memang bensin premium lebih murah harganya, tapi bukan berarti kamu bisa berhemat, karena sejatinya mesin yang memang sudah direkomendasikan standart oktan tertentu akan mudah rusak jika kamu mengisi minyak dibawah standartnya, apalagi kendaraan kamu itu  adalah mobil dengan teknologi terbaru, masa sih mau di kasih minum premium?

Itulah tadi tips singkat bagi kamu mahasiswa/i yang menggunakan kendaraan pribadi, semoga bermanfaat selamat mencoba! (HA/SLR) 

Related

Umum 1212663871759378932

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item