OPINI: Berfaedah atau Unfaedah

Foto: google.com

Shafa Sekar Indirwan



          Kids Zaman Now’, kalimat yang tidak asing lagi didengar saat ini. Kalimat ini menggambarkan bagaimana tingkah laku, perkembangan , ataupun tren dikalangan anak remaja zaman sekarang. Bisa kita lihat sendiri bagaimana tingkah laku anak zaman sekarang baik itu mengarah ke positif atau negatif walaupun cenderung mengarah ke negatif.
            Kebanyakan anak zaman sekarang sudah terlalu candu dengan gadget yang saat ini semakin banyak jenis dan bentuknya. Kalangan anak Sekolah Dasar (SD) sampai orangtua pun hampir rata-rata sudah memiliki gadget.
Sebenarnya ada positifnya untuk anak-anak mengenal gadget karena itu memang kemajuan teknologi yang tidak bisa dihindari. Tapi dalam menggunakan gadget dan fasilitas internetnya, anak-anak harus diawasi karena masih banyak hal-hal yang belum sewajarnya mereka ketahui ataupun dilihat.
            Instagram salah satu sosial media yang saat ini sedang digemari oleh kalangan anak-anak dan remaja. Rela pergi ke tempat-tempat bagus dan mahal hanya untuk mendapatkan foto yang bagus dan cantik hanya untuk di-share  di Instagram, berusaha mendapatkan likers sebanyak-banyaknya yang sebenarnya kurang berguna. Boleh-boleh saja sebenarnya untuk hiburan atau sekadar menghilangkan penat dan bosan tapi bukan untuk jadi hal yang harus atau rutinitas. Belum lagi anak-anak zaman sekarang yang hobi membagikan foto bersama pasangan dengan pose pelukan, ciuman yang terbilang gaya foto itu tidak pantas untuk dipublikasikan, mengingat pengguna Instagram juga ada yang di bawah umur. Hal ini sering ditemukan anak-anak SMA. Kalau sekedar foto berdua atau bergandengan saja masih bisa dimaklumi.
         Maka dari itu, dalam menggunakan internet dan sosial media, orang tua masih perlu mengawasi anak-anak di bawah umur dalam penggunaannya. Selain dari gadget atau sosial media yang digemari oleh Kids Zaman Now’, banyak bermunculan tempat-tempat hunting di banyak tempat seperti kafe, bar, restoran, atau tempat-tempat yang cantik.
Ada hal yang positif dikarenakan semakin banyak dibuka kafe-kafe baru bisa sebagai sarana menambah lowongan pekerjaan karena tempat-tempat yang baru dibuka tersebut pasti membutuhkan karyawan. Bisa juga jadi tempat yang bagus untuk para fotografer dalam mengahasilkan foto yang bagus.
Selain positif tentunya ada pula negatifnya yaitu banyak remaja yang lebih sering menghabiskan waktu untuk nongkrong di kafe daripada melakukan aktivitas yang lebih bemanfaat. Jadi sebenanya tergantung bagaimana kita pandai menyesuaikan apa yang seharusnya dilakukan atau tidak. Menyesuaikan waktu dan ditambah pengawasan orang tua untuk anak-anaknya yang masih terbilang labil dan masih perlu diarahkan.  

Related

Umum 5877984777089202355

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item