Mahasiswa dan Organisasi

foto: Google.com

Siti Maysara

Kampus adalah salah satu tingkatan dalam pendidikan, dimana didalamnya berkumpul orang-orang yang berintelektual, ada mahasiswa dan juga dosen. Mahasiswa adalah orang-orang yang dididik untuk menjadi pribadi yang berintelektual dan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa. Pendidikan merupakan bagian yang terpenting bagi bangsa. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan. Disamping pendidikan yang menjadi tujuan utama kita sebagai mahasiswa, seorang mahasiswa juga dituntut untuk berperan aktif dalam berorganisasi. Di Politeknik Negeri Medan sendiri terdapat berbagai organisasi diantaranya DPM, BEM, HMPS, LPM Neraca, UKM, dsb. Mahasiswa yang mengikuti sebuah organisasi pasti sebagian waktu luangnya akan digunakan untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat tidak hanya sekedar bermalas-malasan atau istilah kekiniannya adalah mahasiswa“kupu-kupu” yang bermakna kuliah pulang kuliah pulang, tentu dong kita tidak mau disebut mahasiswa seperti itu. Menjadi mahasiswa yang aktif di kampus dapat memberi keuntungan. Minimal, kita bisa mengingat masa-masa seru ketika kuliah.

Selain itu, keuntungan yang bisa didapatkan saat berorganisasi diantaranya untuk menambah teman. Tak bisa dipungkiri, dalam berorganisasi kita pasti bertemu dengan suasana serta orang-orang yang baru. Bertemu dengan banyak orang dari berbagai jurusan tentu menambah kesan tersendiri bagi kita. Jadi, teman kita tidak hanya  teman itu-itu saja. Dengan begitu kita bisa bertemu banyak orang yang menginspirasi. Keuntungan lainya seperti, kita mulai belajar bahwa berkerja dibawah tekanan membuat mentalmu menjadi lebih kuat dan bijaksana dalam memandang suatu permasalahan, kita mulai belajar dari nol untuk menjadi seorang leader yang bijaksana dan disegani, bukan jadi pemimpin yang asal jadi, dalam organisasi kita akan terbiasa melihat segala hal dari sudut pandang yang berbeda, sehingga pemikiran kita menjadi terbuka dan tidak egois,  kita mulai mengerti akan suatu alasan mengapa sebuah kebijakan perlu diambil dalam organisasi, sehingga kita pun tak lagi mudah untuk nge-judge seseorang, kita belajar untuk memanfaatkan waktu untuk terus belajar. Jatuh, dan salah kemudian bangkit kembali, karena ini adalah metamorfosa seorang pemimpin.

Jika berpikir ke depan, masa kuliah tidaklah seperti masa lain dalam hidup. Kita dikelilingi orang yang seumuran dan terinspirasi untuk menjadi profesional dalam bidang yang akan mereka geluti. Ini adalah masa sekali seumur hidup. Jadi, manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan yang kita punya selama di kampus!

Related

Opini 8480367923783370466

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item