PJTD LPM Neraca 2018: Menulis untuk Perubahan

foto : Nurul Fatiha

Medan  |  Neraca - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Neraca sukses menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diikuti oleh 46 anggota Neraca Periode 2017-2018, perwakilan LPM se-Kota Medan, dan beberapa mahasiswa Polmed. Acara ini dilaksanakan di Gedung C Lantai II Politeknik Negeri Medan pada Sabtu,(21/4). Acara ini mengangkat tema “Menulis untuk Perubahan”, "Latarbelakang dipilihnya tema tersebut yaitu demi meningkatkan kemampuan menulis para anggota LPM Neraca dan diharapkan dengan meningkatnya kualitas menulis tersebut dapat menciptakan perubahan yang baik untuk dirinya sendiri dan sekitarnya. Di samping itu, selama ini PJTD yang diusung oleh LPM Neraca belum pernah mengambil tema tentang Menulis oleh sebab itu, pada periode kepengurusan saat ini LPM Neraca mencoba mengambil tema tersebut," ujar Adzani selaku Pemimpin Litbang.
Acara ini dibuka dengan kata sambutan oleh M. Abdillah Damanik selaku Pemimpin Umum LPM Neraca, dilanjutkan kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Ketua Panitia yaitu Sandro Harefa. Acara tersebut diisi oleh dua pemateri yaitu Chairil Huda selaku Pemimpin Redaksi Harian Sumut Pos dan Mollyta Mochtar selaku Travel & Lifestyle Blogger.
Chairil Huda mengulas mengenai Wartawan, Berita, dan Media Massa. Beliau memberikan penjelasan mengenai tugas, tujuan, dan kode etik wartawan “Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang  melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita berupa laporan dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur,” jelasnya. Permasalahan berita layak atau tidak layak untuk dipublikasikan selalu menjadi persoalan dikalangan jurnalis, melihat situasi dan kondisi dilingkungan sekitar serta keakuratan suatu berita menjadi salah satu faktor penting berita tersebut layak dipublikasikan, “Untuk menjadikan berita layak atau tidak layak  dipublikasikan, maka dibuatlah nilai berita layak  atau tak layak, tujuannya agar berita memiliki nilai,” ujarnya.
Selanjutnya, Mollyta Mochtar mengulas tentang Blogging is Writing. Salah satu tujuan nge-blog adalah menyalurkan hobi “Saya memang suka menulis dari dulu, dan saya suka dengan pekerjaan ini,” tuturnya. Selain menyalurkan hobi, nge-blog juga bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan “Tetapi yang perlu diingat, jangan mengharapkan untuk mendapatkan uangnya, tapi menulislah dengan hati,” ujarnya
Acara semakin meriah dengan adanya penampilan vocal solo oleh Arta Ambarita dan challenge membuat opini mengenai “Menulis untuk Perubahan” bagi para peserta. Acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi peserta terpilih, penyerahan piagam kepada pemateri, dan sesi foto bersama.
“Saya berharap semoga PJTD 2018 ini dapat bermanfaat bagi peserta dan ilmu yang diberikan dapat direalisasikan, sehingga kelak jika keluar dari Neraca bisa semakin berkualitas,” ujar Abdillah. (NF)


Related

Umum 5908582490659991076

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item