Kids Zaman Now di Era Digital

Foto: www.google.com

         Era digital merupakan era dimana semua orang disetiap penjuru dunia dengan mudah memperoleh informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terus bersaing membuat semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita sebagai warga indonesia juga merasakan era digital, seperti smartphone, tab, laptop, dan televisi. Warga indonesia sudah tidak asing dengan smartphone bahkan sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari karena sangat memudahkan kegiatan setiap harinya. Mulai dari bangun pagi hingga tidur malam tidak pernah lepas dari smartphone.
           
            Di era digital sangatlah mudah untuk seseorang menjadi populer dikalangan masyarakat internet atau disebut dengan netizen, seseorang dengan mudah membagikan tulisan, foto, ataupun video yang dapat dilihat seluruh netizen didunia ini. Sehingga banyak selebriti sosial media yang muncul terutama di instagram dan youtube yang mudah untuk mencari viewers yang banyak dengan video yang unik dan lucu, yang biasanya disebut selebgram, mereka populer atau viral dikarenakan berbagai hal misalnya karena handal bermain games online, kekayaannya, kisah cintanya, tingkah lucunya, bahkan karena tindakan yang negatif.

            Dari hal-hal negatif muncullah istilah anak zaman sekarang atau “kids zaman now” yang viral karena unggahan dari akun palsu Seto Muliyadi atau kak seto, yang kita kenal beliau adalah seorang pemerhati psikolog anak dan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia. Padahal awalnya istilah kids zaman now untuk anak-anak yang menyalahgunakan sosial media, dengan menggunggah video mereka berpacaran, dan hal-hal yang tak wajar lainnya dilakukan anak-anak. Tetapi malah lazim ditelinga mereka dan bangga akan istilah kids zaman now yang viral hingga sekarang.

            Sangat jauh berbeda kids zaman now dengan anak milenial atau anak 1990-an yang belum mengenal smartphone dan masih bermain bersama teman dan keluarga, kids zaman now lebih banyak bermain di dunia internet dan tidak terlalu peduli akan keluarga mereka. Sehingga kita harus saling mengingatkan untuk tidak terlalu hanyut dalam era digital, banyak manfaat di majunya teknologi tetapi banyak juga negatifnya untuk orang yang menyalahgunakan terutama anak usia dini. Semoga opini singkat ini bermanfaat dan baik untuk netizen.(KDL)


Related

Umum 4598767398767008754

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Gallery

Twitter

item