Berkenalan dengan UKM PLC, Sekumpulan Orang yang Bergerak di Bidang Elektronika


Medan | Neraca ─ Unit Kegiatan Mahasiswa PLC Politeknik Negeri Medan telah melaksanakan pelantikan keanggotaan kepengurusan periode 2020/2021 di Gedung Z Lt. 5 Politeknik Negeri Medan pada hari Kamis, 12 Maret 2020. Pelantikan dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Delisma Siregar S.T., M.T. selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Kepala Jurusan Elektronika, Kepala Prodi Elektronika, Sekretaris Jurusan Elektronika, Dosen Teknik Mesin, Dosen Teknik Elektronika, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), seluruh pengurus UKM PLC dan perwakilan LPM Neraca.

UKM PLC (Unit Kegiatan Mahasiswa Programmable, Logy Controller), saat ditemui dalam kegiatan acara, Ketua Umum menjelaskan, "UKM PLC ini bergerak di bidang industri. Saya beri gambarannya seperti, Gedung Z mempunyai banyak lampu untuk menerangi sisi dalam ruangannya. Jadi, diibaratkan mau menghidupkan lima lampu untuk Gedung Z, PLC bisa digunakan untuk menghidupkan lima lampu saja, yang lainnya tidak hidup," ujarnya.


UKM PLC berawal dari PIMKA (Programmable, Logy Controller, Instrumentasi, Mekatronika, K−3, Autasi, Automasi, Industri) yang dibentuk oleh Alumni Elektronika, Dosen Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa yang selanjutnya berkoordinasi dengan Kajur Elektronika agar PIMKA dapat diusulkan kepada pihak Direktur. Akhirnya membuahkan hasil, pihak Direktur mengeluarkan Surat Keterangan (SK) bahwasanya UKM PLC disetujui keberadaannya, dan dibimbing langsung oleh Dosen PIMKA.

Beredar isu-isu di Politeknik Negeri Medan, bahwasanya UKM PLC akan diistimewakan kehadirannya, karena dibimbing langsung oleh Dosen PIMKA. Tapi hal ini dibantah langsung oleh Ketua Umum dari UKM PLC. "Bukan diistimewakan, tetapi Pak Direktur sendiri yang meminta UKM ini bisa ikut kegiatan keluar dan memberikan feedback bagi Politeknik Negeri Medan," katanya.

"Sebelumnya, UKM PLC belum disahkan menjadi KEMA (Keluarga Mahasiswa) dikarenakan kurangnya informasi dalam sistem pengurusan. Langkah yang akan diambil adalah mencari informasi serta aktif di KEMA agar UKM PLC dikenal banyak orang. Mengenai publikasi, akan kami rencanakan lagi, untuk sementara waktu  kami masih fokus dalam kegiatan workshop," tuturnya.

Sebagaian besar anggota UKM PLC terdiri dari Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Konversi Energi.

"Karena dalam waktu dekat ini, sesuai dengan permintaan dari Kepala Jurusan Elektronika agar bisa langsung mengikuti perlombaan. Kami mengambil dari empat prodi yang mempelajari PLC. Pertama Teknik Elektronika mempelajari instrumennya, dan PLC. Yang kedua Teknik Listrik mampu mempelajari instalasinya. Yang ketiga Teknik Telekomunikasi mempelajari program, dan PLC perlu program. Yang keempat Teknik Konversi Energi mampu mengerti mekatronika. Namun, untuk ke depannya UKM PLC akan mengambil anggota dari seluruh Prodi yang sesuai dengan kriteria." kata Edi Primta Ginting selaku Ketua Umum UKM PLC.

Nantinya UKM PLC akan berganti nama menjadi PIMKA. "Insya Allah, saya bersama rekan UKM PLC Dosen, Kepala Jurusan, Alumni, dan Senior bakal diskusi dalam pergantian nama," lanjutnya lagi.

Di akhir wawancaranya, Edi Primta Ginting menambahkan, "Harapannya semoga UKM PLC terus maju, aktif, berkompeten dan dikenal banyak orang di dalam kampus maupun di luar kampus." (MII/SIN)

Related

UKM 2517299254821429628

Post a comment

emo-but-icon

Iklan

Translate

Hot in week

Recent

Comments

Instagram

Twitter

item