Begini Perubahan Mekanisme Seleksi SBMPN 2020, Tak Gunakan Seleksi Tulis Tahun Ini




Medan | Neraca - Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 resmi dibuka. Politeknik Negeri Medan menjadi salah satu daftar politeknik yang berpartisipasi dalam SBMPN tahun ini. Tahun sebelumnya SBMPN diberi nama UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri), lalu mendapat perubahan untuk tahun ini.

Terkait dengan masa pandemi COVID-19, pelaksanaan SBMPN sempat menjadi buah bibir bagi mahasiswa. Diragukan terhambat dan perkiraan seleksi online dari banyak mahasiswa hingga akhirnya pihak akademik mengeluarkan perubahan mekanisme seleksi tahun ini.

SBMPN Polmed 2020 berbeda dengan seleksi Polmed tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini calon mahasiswa baru tidak perlu melakukan ujian tertulis, melainkan melampirkan portofolio nilai rapor semester 1-6. Kebijakan portofolio ini disepakati berdasarkan keputusan forum Direktur Politeknik se-Indonesia.

"Alasan kami tidak melakukan SBMPN secara daring dikarenakan khawatir apabila ada calon mahasiswa baru yang sulit menjangkau kondisi infrastruktur jaringan internet yang baik. Serta tidak ada yang dapat menjamin siapa yang mengerjakan soal seleksi, calon mahasiswa atau malah tentor mereka," tutur Ibu Roslina selaku Wakil Direktur I Bidang Akademik.

Pendaftaran SBMPN Polmed dibuka mulai tanggal 19 Mei s.d 25 Juni 2020 dan dapat diakses melalui sbmpn.politeknik.or.id dengan memilih politeknik dan program studi. Untuk info lebih lanjut terkait Politeknik Negeri Medan, calon mahasiswa dapat mengakses website resmi polmed.ac.id dan temukan informasi yang ingin dicari.

Ada beberapa ketentuan tambahan program studi Politeknik Negeri Medan tahun ini, yaitu:
• Khusus Program Studi Teknik Konversi Energi, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi tidak buta warna.
• Khusus Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Sipil, buta warna parsial dipertimbangkan.
• Khusus Program Studi di Perbankan dan Keuangan, Perbankan Syariah, dan Administrasi Bisnis tinggi badan minimal 155 cm (untuk perempuan) dan 165 cm (untuk laki-laki), serta berpenampilan menarik.


Diharapkan mekanisme SBMPN 2020 tetap efektif untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan menjalankan studinya di Politeknik Negeri Medan. (MII/AFS/RVS)

Post a comment

emo-but-icon

Iklan

Translate

Hot in week

Recent

Comments

Instagram

Twitter

item