Tips Supaya Presentasi Kamu Jadi Lebih Menarik Dan Gak Membosankan

 

Oleh : Falwan Rizky Gunawan


  Halo, Sobat! Sebagai seorang mahasiswa, pastinya kegiatan presentasi sudah tidak asing lagi di telinga dan sudah merupakan bagian dari keseharian kegiatan kuliah kalian. Presentasi biasanya dilakukan untuk memaparkan tulisan, ide, gagasan dan penelitian kalian dengan tujuan agar dilihat dan diketahui oleh banyak orang. Agar pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiens tersampaikan dengan baik, kamu harus bisa memaparkan informasi-informasi yang hendak kamu sampaikan dengan cara yang efisien. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat pendengar kamu merasa tertarik dengan pemaparan kamu. Jangan pula sampai mereka merasa bosan dengan presentasi kamu, pada akhirnya informasi yang kamu paparkan tidak tersampaikan dengan baik dan sia-sia. 

     Nah, oleh karena itu, aku bakalan ngasih tips supaya presentasi kamu jadi lebih menarik dan gak membosankan. Simak ya!


1. Kesan Pertama, Paling Utama!

     Tahukah kamu, sepuluh detik pertama penampilanmu menentukan keseluruhan presentasi. Loh kok gitu? Hal ini merupakan bagian paling penting dalam memulai presentasi. Orang-orang akan mulai menilai bahkan sejak sebelum kamu memulai presentasi. Jadi buatlah kesan pertama yang baik saat kamu hendak memulai presentasi kamu. Kamu bisa melakukannya dengan mengatur penampilan dan perilaku kamu. Cobalah untuk berdiri tegak dengan kepala lurus karena hal ini memberi kesan percaya diri, dan hindari untuk mengangkat kepala yang dapat berarti arogan, dan menurunkan kepala yang berarti tidak percaya diri. Selain itu jangan lupa untuk tersenyum sehingga kamu terlihat ramah.


2. Susun dan Desain Presentasi Kamu Sebaik Mungkin

     Menyusun presentasi haruslah dilakukan dengan berurutan dan tersusun rapi sehingga seluruh poin-poin dapat terjalin satu sama lain. Desain presentasi kamu juga perlu diperhatikan dan dibuat sebagus mungkin. Tapi jangan sampai desain presentasi kamu terlalu ramai dan mencolok, ya! Isi presentasi kamu harus tetap bisa terbaca dengan baik.


3. Intonasi

     Dalam presentasi, perlu diperhatikan variasi intonasi dalam menyampaikan isi kepada pendengar. Pendengar akan bosan jika kamu terdengar datar dalam menyampaikan isi presentasi kamu.


4. Kontak Mata

     Sangat penting untuk melakukan kontak mata kepada para pendengar agar terjalin komunikasi dua arah yang baik. Kamu pun harus memperhatikan pendengar, jika kamu ingin didengar. Usahakan fokus kamu tidak terlalu lama tertuju pada papan presentasi. Cara ini dapat berjalan efektif apabila kamu sudah menguasai sebagian besar materi presentasi kamu.


5. Jangan Bertele-tele

     Tidak perlu melakukan pembukaan presentasi dengan berpanjang lebar. Utamakan penyampaian isi presentasi kamu. Sampaikan isi dengan baik dan tersusun secara sistematis agar pendengar dapat mengerti apa yang ingin kamu sampaikan. Hindari menggunakan kata-kata yang boros dan berbelit-belit. 


6. Perhatikan Waktu

     Orang akan mulai bosan apabila presentasi yang kamu sampaikan terlalu panjang. Presentasi cukup dilakukan dengan waktu singkat tetapi isi nya dapat tersampaikan dan dapat dipahami. Gunakan waktu seefisien mungkin untuk menyampaikan poin-poin penting presentasi kamu. Cobalah untuk tidak presentasi lebih dari 20 menit.


7. Latihan, Latihan, Latihan.

     Untuk menjadi presenter yang baik, perbanyaklah melatih kemampuan presentasi kamu. Dengan sering latihan, kamu dapat mengetahui hal-hal yang dirasa kurang dan dapat menyempurnakannya. Coba juga untuk melatih presentasi kamu didepan orang lain. Mintalah bantuan teman atau saudara untuk menjadi pendengar kamu selama latihan. Minta juga mereka untuk memberikan saran dan kritik yang membangun atas presentasi kamu agar kamu bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya. 


     Nah itu dia tips supaya presentasi kamu jadi lebih menarik dan gak membosankan dari aku. Semoga bermanfaat buat kalian, ya!

Related

Tips and Trick 3204785166501895698

Post a comment

emo-but-icon

Iklan

Translate

Hot in week

Recent

Comments

Instagram

Twitter

item